MAKALAH
PENGERTIAN,
RUANG LINGKUP dan TUJUAN IPS
Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
ILMU PENGETAHUAN
SOSIAL
DOSEN
PENGAMPU
Eko Siswanto, S.Pd.I
disusun Oleh :
1. Catur Ismatika
2. Fitri Lailatul
3. Mustail
Sekolah Tinggi agama Islam Hasanuddin Pare
Semester Gasal
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur Kami panjatkan kepada Allah
SWT. Atas anugrah dan kuasa-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas
penulisan makalah yang berjudul “Pengertian, Ruang Lingkup dan
Tujuan IPS”.
Adapun maksud dan tujuan dari
penulisan makalah ini adalah selain untuk menyelesaikan tugas yang di berikan
oleh Dosen pengajar, juga untuk meningkatkan pengetahuan kami terhadap materi
yang di berikan.
Kami telah berusaha untuk
menyusun makalah ini dengan baik, namun kami pun menyadari atas keterbatasan
yang di miliki, oleh sebab itu jika terdapat kesalahan-kesalahan baik dari segi
teknik penulisan, maupun isi dari makalah ini, kami selaku penulis memohon
maaf, kritik, serta saran dari Dosen pengajar ataupun semua pembaca saya sangat
mengharapkan guna untuk menyempurnakan makalah ini terlebih juga untuk
meningkatkan pengetahuan bersama dan bermanfaat untuk kita semua.
22 September
2016
(Penyusun)
DAFTAR
ISI
Halaman
Sampul ... i
Kata
Pengantar.................................................................................................................. ii
Daftar
Isi.......................................................................................................................... iii
BAB
I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.............................................................................................. 1
B.
Rumusan Masalah......................................................................................... 1
C.
Tujuan............................................................................................................ 1
BAB
II : PEMBAHASAN
A.
Pengertian IPS............................................................................................... 2
B.
Pengertian Ruang Lingkup IPS..................................................................... 3
C.
Tujuan............................................................................................................ 3
BAB
III : PENUTUP
A.
Kesimpulan ................................................................................................... 4
B.
Saran ............................................................................................................ 4
DAFTAR
PUSTAKA
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Materi
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar terdiri dari
pengetahuan sosial dan sejarah. Materi IPS ditata secara terpadu yang berasal
dari berbagai ilmu atau disiplin ilmu sosial, yaitu geografi, lingkungan hidup,
ekonomi, dan politik pemerintahan.
IPS
dalam kajiannya juga merupakan disiplin ilmu yang memiliki ruang lingkup, pendidikan,
masyarakat, dan problematika siswa dengan lingkungannya. Ilmu sosial merupakan
suatu pendekatan terhadap hal – hal yang berkenaan dengan manusia dan
masyarakat dan lingkungannya. Ilmu sosial mempelajari aspek–aspek sosial, spiritual,
emosional, intelektual, rasional dan global dengan memadukan konsep serta bahan
kajian tradisional dengan bahan kajian yang baru.
B. Rumusan Masalah
1.
Apakah Definisi Tentang Ilmu Pengetahuan
Sosial?
2.
Bagaimana Ruang lingkup kajian IPS?
3.
Apakah Tujuan dari IPS?
C. Tujuan
Dari
Rumusan Masalah diatas, dapat ditarik menjadi tujuan:
1.
Untuk mengetahui Definisi Tentang Ilmu
Pengetahuan Sosial.
2.
Untuk mengetahui Ruang lingkup kajian
IPS.
3.
Untuk mengetahui Tujuan dari IPS.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Definisi imu pengetahuan sosial adalah penelaahan
atau kajian yang berkenaan dengan kehidupan individu dan kehidupan
bermasyarakat atau dengan kehidupan sosial. Untuk memperoleh gambaran yang
lebih luas tentang IPS, maka penting untuk dikemukakan beberapa pengertian IPS menurut para ahli:
1.
Moeljono Cokrodikarjo mengemukakan IPS
adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial. Ia
merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi
budaya, psikologi, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia
yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang
disederhanakan agar mudah dipelajari.
2. S.
Nasution mendefinisikan IPS sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau paduan
sejumlah mata pelajaran sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang
berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai
subyek sejarah , ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi
sosial.
3. Tim
ikip surabaya mengemukakan bahwa IPS merupakan bidang studi yang menghormati,
mempelajari, mengolah dan membahas hal–hal yang berhubungan dengan masalah–masalah
human relationship hingga benar–benar dapat dipahami dan diperoleh
pemecahannya. Penyajian harus merupakan bentuk yang terpadu dari berbagai ilmu
sosial yang terpilih, kemudian disederhanakan sesuai dengan kepentingan
sekolah–sekolah.[1]
Dengan demikian, IPS bukan ilmu sosial dan
pembelajaran IPS yang dilaksanakan baik pada pendidikan dasar maupun pada
pendidikan tinggi tidak menekankan pada aspek teoritis keilmuannya, tetapi
aspek praktis dalam mempelajari, menelaah, mengkaji gejala dan masalah sosial
masyarakat yang bobot dan keluasannya disesuaikan dengan jenjang pendidikan
masing–masing
B. Ruang Lingkup Kajian IPS
Secara
mendasar, pembelajaran IPS berkenaan dengan kehidupan manusia yang melibatkan
segala tingkah laku dan kebutuhannya. IPS berkenaan dengan cara manusia
memenuhi kebutuhannya, baik kebutuhan untuk memenuhi materi, budaya, kejiwaannya, memanfaatkan sumber daya yang ada
dipermukaan bumi, mengatur kesejahteraan dan pemerintahannya maupun kebutuhan
lainnya dalam rangka mempertahankan kehidupan masyarakat manusia. Singkatnya,
IPS mempelajari, menelaah, dan sebagai anggota masyarakat.
Sebagaimana
telah dikemukakan di depan, bahwa yang dipelajari IPS adalah manusia sebagai
anggota masyarakat dalam konteks sosial atau manusia sebagai anggota masyarakat.
Ruang lingkup kajian ips meliputi:
a.
Substansi materi ilmu-ilmu sosial yang
bersentuhan dengan masyarakat, dan
b.
Gejala, masalah, dan peristiwa tentang
kehidupan masyarakat.
Terdapat
sejumlah perbedaan antara IPS sebagai bidang studi dengan disiplin ilmu-ilmu
sosial, antara lain:
1.
IPS itu bukanlah disiplin ilmu seperti
halnya ilmu sosial.
2.
Pendekatan yang dilakukan dalam IPS
menggunakan pendekatan multidisipliner atau interdiseipliner.
3.
IPS sengaja dirancang untuk pendidikan
oleh karena itu IPS lebih memfokuskan pada dunia persekolahan.
4.
IPS disamping menggunakan ilmu-ilmu
sosial sebagai pengembangan materi pembelajaran dilengkapi dengan mempertimbangkan
aspek psikologis.[2]
C.
Tujuan
IPS
Sama
halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan dalam pembelajaran IPS
bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. Secara hirarki, tujuan pendidikan
nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap
jenis dan jenjang pendidikan.
Tujuan kurikuler IPS
yang harus dicapai sekurang-kurangnya meliputi hal-hal berikut:
a. Membekali
peserta didik dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan
masyarakat.
b. Membekali
peserta didik dengan kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan menyusun
alternatif pemecahan masalah.
c. Membekali
peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat.
d. Membekali
peserta didik dengan kesadaran, dan sikap mental yang positif.
e. Membekali
peserta didik dengan kemampuan mengembangkan pengetahuan dan keilmuan.
Kelima
tujuan di atas harus dicapai dalam pelaksanaan kurikulum IPS di berbagai
lembaga pendidikan dengan keluasan, kedalaman dan bobot yang sesuai dengan
jenis dan jenjang pendidikan yang dilaksanakan.[3]
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Ilmu
Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang berkenaan dengan kehidupan individu dan
kehidupan bermasyarakat.
2. Pembelajaran
dengan kehidupan melibatkan segala tingkah laku dan kebutuhannya, baik materi,
budaya, kejiwaan maupun kebutuhan lainnya.
3. Secara
praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran pada
setiap bidang studi dalam kurikulum.
B. Saran
Demikian makalah ini
kami buat. Kami yakin makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan. Maka
dari itu saran pembaca kami butuhkan untuk membangun supaya menjadi lebih baik.
DAFTAR PUSTAKA
http://cobah-ajah.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-ruang-lingkup-dan-tujuan-ips.html/
Senin 19 September 2016
[1] http://cobah-ajah.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-ruang-lingkup-dan-tujuan-ips.html. Senin 19 September 2016 13.17
WIB
[2]
https://massofa.wordpress.com/2012/12/09/pengertian-ruang-lingkup-dan-tujuan-ips/.
Senin 19 september
2016 13:17
[3] https://massofa.wordpress.com/2010/12/09/pengertian-ruang-lingkup-dan-tujuan-ips/.
Senin 19
September 2016 13:17