PROGRAM KERJA PRAMUKA
KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS
DEPAN PANGKALAN
MI/MTS/MA
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Disusun Oleh
TIM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GERAKAN
PRAMUKA GUDEP
PANGKALAN
MI/MTS/MA
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan
hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler
Pramuka Gugus Depan Pangkalan MI/MTS/MA pada tahun ajaran 2014/2015.
Program kerja ini merupakan acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan Kerja
Penggalang Gudep Pengkalan
MI/MTS/MAuntuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan
MI/MTS/MA.
Diharapkan dengan selesainya penyusunan program kerja ini pelaksanaan
kegiatan kepramukaan pada Gudep Pangkalan
MI/MTS/MA dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehingga
berkontribusi postif bagi peningkatan
mutu pendidikan di liungkungan MI/MTS/MA.
Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari
sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan
demi kesempurnaan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan
MI/MTS/MA. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
...................., 14 Juli 2014
Team Penyusuan
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ……………………………………………………….. |
i |
||
HALAMAN PENGESAHAN …………………………………………….. |
ii |
||
KATA PENGANTAR ……………………………………………………… |
iii |
||
DAFTAR ISI ………………………………………………………………… |
iv |
||
BAB I |
: |
PENDAHULUAN
………………………………………….. |
1 |
|
|
A. Latar
Belakang …………………………………………… |
|
|
|
B. Dasar
Kegiatan …………………………………………… |
|
|
|
C. Tujuan
…………………………………………………….. |
|
|
|
D. Sasaran
……………………………………………………. |
|
BAB II |
|
VISI MISI
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS DEPAN PANGKALAN MI/MTS/MA A. Visi Gudep MI/MTS/MA B. Misi Gudep MI/MTS/MA |
|
BAB II |
: |
PROGRAM
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA …… |
|
|
|
A. Program
Umum…………………………. ……………… |
|
|
|
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik …………. |
|
|
|
2. Bidang Pendidikan Orang Dewasa ……………………. |
|
|
|
3. Bidang Sarana dan Administrasi ……………………… |
|
|
|
4. Bidang Keuangan ……………………………………… |
|
|
|
B. Penjabaran
Program dalam Semester ……………………. |
|
|
|
C. Penjabaran
Masing-Masing Program …………………… |
|
|
|
D. Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
Gudep MI/MTS/MA |
|
|
|
|
|
BAB III |
: |
ORGANISASI DAN
TATA KELOLA |
|
|
|
A. Susunan
Majelis Pembimbing Gugus Depan ………….. |
|
|
|
B. Susunan
Pengurus Dewan Kerja Penggalang ………….. |
|
|
|
C. Dewan
Kehormatan Penggalang ……………………….. |
|
|
|
D. Struktur
Organisasi Gudep …………………. E.
Pengelompokkan Peserta / Anggota F. Pelaksanaan
Latihan / Kegiatan |
|
|
|
|
|
BAB IV |
: |
PENUTUP
………………………………………………….. |
|
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib
dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan
Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat
dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa
dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara,
kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan,
kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah
merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh
kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun
jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan
dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan
mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq
mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala
pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain.
Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri
Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka
perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung
dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai
anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan.
Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin
pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun
suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat
mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai
rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang
wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B.
Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun
1961 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107
Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041
tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun
1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.
Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107
Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045
Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program
kerja urusan kesiswaan MI/MTS/MAtahun pelajaran 2014/2015
C.
Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.
untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di
bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa
melalui kegiatan kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan
agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan
kepramukaan di sekolah.
D.
Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat
dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang
diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu
dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana
kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur
Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus
Mahir Dasar (KMD)
3.
Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak,
pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka
dengan baik.
4.
Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan
di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai
dengan tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 81a
Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum berkaitan dengan
Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer.
Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep MI/MTS/MA adalah
sebagai berikut:.
A Visi :
Visi gugus depan
pangkalan MI/MTS/MA adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta
Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
B Misi :
Sedangkan misi gugus depan pangkalan MI/MTS/MA
1.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta
ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
2.
Memyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.
Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka
meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi
pada pencapaian prestasi.
5.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi
kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka MI/MTS/MAdapat dijelaskan dan
dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program.
Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun
pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
A. Program Umum
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.
Penerapan Sistem Blok Pembinaan Keparamukaan,
berupa:Masa Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang pelaksanaannya dilakukan
pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas VII
b.
Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui
kegiatan:
1)
Latihan Rutin
2)
Pencapaian SKU
3)
Pencapaian SKK
●
2 macam SKK Agama
●
2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
●
2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
●
2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
●
2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong
Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
4)
Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi
jenjang:
a)
Ramu
b)
Rakit
c)
terap
5)
Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
6)
Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )
7)
Penjelajahan dan Survival Game
8)
Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
9)
Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10) Bakti
Masyarakat ( 2 kali )
11) Pengiriman
regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir
Nasional
12) Kegiatan
dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
13) Musyawarah
Gugus Depan
2. Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang
kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
i.
Pengadaan Tenda Pramuka
j.
Pengadaan alat pionering yang meliputi :
1)
tali pramuka
2)
tongkat
k.
Bendera Gugus Depan yang meliputi:
1)
Bendera Tunas Kelapa
2)
Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)
Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.
Bendera Semaphore dan Morse
m.
Papan Nama Gugus Depan
n.
Sanggar Bakti Pramuka
3. Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Sumbangan lain yang tidak mengikat
4. Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang
diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang
diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh
MABIGUS
B. Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan pangkalan MI/MTS/MAdapat dijabarkan sebagai
berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2014 SAMPAI DENGAN DESEMBER
2014
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
Jul |
Ags |
Sept |
Okt |
Nop |
Des |
|||
1. |
Masa Orientasi Anggota Baru
(system Blok) |
|
X |
|
|
|
|
|
2. |
Latihan Rutin (Sistem Reguler) |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
3. |
Ujian SKU Penggalang Ramu |
|
X |
X |
X |
|
|
|
4. |
Ujian SKU Penggalang Rakit |
|
|
X |
X |
X |
|
|
5. |
Ujian SKU Penggalang Terap |
|
|
|
X |
X |
X |
|
6. |
Ujian SKK |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
7. |
Gladian Pemimpin Regu |
|
|
X |
|
|
|
|
8. |
Perkemahan Dekat ( Persami ) |
|
X |
|
|
X |
|
|
9. |
Penjelajahan dan Halang Rintang |
|
|
X |
|
|
|
|
10. |
Bakti Masyarakat |
|
|
|
|
X |
|
|
11. |
Latihan gabungan |
|
X |
|
|
X |
|
|
12. |
Lomba Tingkat I |
|
|
|
|
|
X |
|
13. |
Laporan Semester ke Kwartir
Ranting |
|
|
|
|
|
X |
|
14 |
Mengikuti kegiatan di Kwartir
Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
|
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2015 SAMPAI DENGAN JUNI
2015
No |
KEGIATAN |
BULAN KE |
KET |
|||||
Jan |
Peb |
Mar |
Apr |
Mei |
Jun |
|||
1. |
Latihan Rutin (Sistem Reguler) |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
2. |
Ujian SKU Penggalang Ramu |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
3. |
Ujian SKU Penggalang Rakit |
|
|
X |
X |
X |
|
|
4. |
Ujian SKU Penggalang Terap |
|
|
|
X |
X |
|
|
5. |
Ujian SKK |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
6. |
Gladian Pemimpin Regu |
|
|
|
|
|
X |
|
7. |
Perkemahan Dekat ( Persami ) |
|
|
|
X |
|
|
|
8. |
Penjelajahan dan Halang Rintang |
|
X |
|
|
X |
|
|
9. |
Bakti Masyarakat |
|
|
|
|
|
X |
|
10. |
Latihan gabungan |
|
|
|
|
X |
|
|
11. |
Laporan Semester ke Kwartir
Ranting |
|
|
|
|
|
X |
|
12. |
Pemilihan pramuka terbaik |
|
|
|
|
X |
|
|
13. |
Musyawarah Gugus Depan |
|
|
|
|
|
X |
|
14. |
Perkemahan jauh dan
Pengembaraan |
|
|
|
|
|
X |
|
15. |
Mengikuti kegiatan di Kwartir
Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional |
Menyesuaikan |
|
C. Penjabaran Masing-Masing Program
1.
Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a.
Latihan rutin dilakukan setiap hari Sabtu dimulai pukul
14.00 WIB dan diakhiri pukul 16.30 WIB
b.
Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan
SKK beserta praktek lapangan
c.
Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan
Pembina Pramuka.
d.
Rincian materi latihan rutin adalah :
1)
Sejarah Pramuka
2)
Dasa
Dharma dan Trisatya
3)
PBB dan Upacara Pramuka
4)
Sandi pramuka (huruf rahasia)
5)
Semaphore
6)
Kompas
7)
Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
8)
Api Unggun
9)
Tata Boga
10)
Hasta
karya Pramuka
11)
Lambang
Gerakan Pramuka dan Struktur Organisasi Kperamukaan
12)
Musyawarah dan Mufakat
13)
Tanda Jejak, Peta
14)
P3K
15)
Penjelajahan dam Permainan Pramuka
16)
Lagu Wajib dan Lagu Daerah
17)
Bakti
karya
18)
Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan
spontan
2.
Musyawarah Gugus Depan
1)
Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan
musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan
hidup gugus depan.
2)
Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1)
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
2)
Susunan Pembina Gugus Depan
3)
Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
3)
Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
adalah:
1)
Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru
setiap regu
2)
Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
3)
Pembina pramuka
4)
Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
5)
Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang
meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan unusur guru
yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
6)
Unsur Komite Sekolah
7)
Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
8)
Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting
Urusan Penggalang
4)
Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk
kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
3.
Kegiatan Perkemahan
a.
Perkemahan Sehari (Persari)
1)
Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan
kelima pada masing-masing semester
2)
Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan
diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3)
Kegiatan ini meliputi :
●
Penjelajahan dan halang rintang
●
Kegiatan latihan gabungan
●
Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi (Trowulan,
Gunung Pucangan, Wonosalam, dll)
●
Latihan Dasar Kepemimpinan
●
Lomba Tingkat I
b.
Perkemahan Dekat (di Sekolah)
1)
Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan ke empat
tiap-tiap semester
2)
Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu
yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB
(Minggu)
3)
Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam
kegiatan Persami adalah :
●
Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
●
Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
●
Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
●
Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
c.
Perkemahan Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)
1)
Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester
2)
Pada semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan
di wisata dalam kabupaten Jombang, sedang pada semester genap (kedua)
ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar kabupaten Jombang.
3)
Waktu melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari
maksimal 5 hari
4)
Kegiatan yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini
adalah:
●
Kegiatan Bakti Masyarakat
●
Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
●
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
●
Kegiatan Lomba Tingkat I
●
Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting
●
Gladian Pemimpin Regu
4.
Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
a.
Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
b.
Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang
meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan
pada kurun waktu tertentu.
5.
Kegiatan Insidental
a.
Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak
mengikat
b.
Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi
dan kebutuhan
c.
Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
●
Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena
sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
●
Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus
depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)
D. Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN MI/MTS/M
No. |
Standar
Kompetensi |
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi
Kegiatan |
1 |
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1 Mengetahui
sejarah singkat pramuka dunia |
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
Sejarah kepramukaan dan
kode kehormatan Pramuka |
1.2 Mengetahui
sejarah singkat pramuka di Indonesia |
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
|
||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat |
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma |
Dasa Dharma dan
Trisatya |
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat |
|
|||
2 |
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang |
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri) |
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri) |
PBB dan Latihan Upacara |
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan |
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan |
|
||
3 |
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore |
3.1 Mengetahui
macam-macam SANDI |
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI |
Huruf SANDI |
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore |
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore |
Semaphore |
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
|
||
4 |
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |
4.1 Menggunakan
pedoman kompas dengan benar |
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
Pedoman kompas |
5 |
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2 Membuat
tandu dan kaki tiga |
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga |
|
||
5.3 Mengetahui
cara dan praktek mendirikan tenda |
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
|
||
6 |
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan |
6.1 Mengetahui
bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
Api unggun |
6.2 Membuat
miniatur api unggun di lapangan sekolah |
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
|
||
7 |
7.
Memahami resep dasar memasak |
7.1 Membuat
resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
Tata boga |
7.2 Latihan
memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
|
||
8 |
8.
Memahami cara membuat hasta karya |
8.1 Membuat
kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug) |
Hasta karya Pramuka |
8.2 Membuat
kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
|
||
9 |
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka |
9.1 Mengetahui
lambang gerakan pramuka |
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka |
Lambang Gerakan Pramuka dan
struktur kepramukaan |
9.2 Mengetahui
definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah |
|
||
9.3 Membentuk
kepengurusan regu |
9.3
Membentuk kepengurusan regu |
|
||
10 |
10. Memahami
definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1 Mengetahui arti
musyawarah secara sederhana |
10.1 Mengetahui
arti musyawarah dan mufakat secara sederhana |
Musyawarah dan mufakat
Pramuka |
|
|
10.2 Bermusyawa rah membuat
jadwal latihan lanjut |
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut |
|
11 |
11. Memahami
tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui berbagai
tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.1 Mengetahui
berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
Mencari jejak dan
penggunaan peta |
11.2 Menggunakan tanda
jejak dan peta dalam kepramukaan |
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
|
||
12 |
12. Memahami
definisi dan praktek P3K |
12.1 Mengetahui arti P3K |
12.1 Mengetahui
arti P3K |
P3K |
12.2 Mengetahui cara dalam
praktek P3K |
12.2 Mengetahui
cara praktek P3K |
|
||
12.3 Memperagakan P3K dan
PPSD |
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD |
|
||
13 |
13. Memahami
definisi jelajah alam dan out bound |
13.1 Mengetahui pengertian
dasar jelajah alam dan outbond |
13.1 Mengetahui
pengertian dasar jelajah alam dan out bound |
Jelajah alam dan out bout |
13.2 Mengetahui macam-macam
jenis out bound |
13.2 Mengetahui
macam-macam jenis outbound |
|
||
13.3 Jelajah alam dan out
bound sederhana |
13.3 Jelajah
alam dan out bout sederhana |
|
||
14 |
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1 Mengetahui macam-
macam lagu wajib dan lagu daerah |
14.1 Mengetahui
macam-macam lagu wajib dan lagu daerah |
Lagu-lagu wajib dan daerah |
14.2 Menyanyikan lagu wajib
dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar |
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar |
|
||
15 |
15. Memahami
makna bakti karya Penggalang. |
15.1 Mengetahui makna bakti
karya Penggalang |
15.1 Mengetahui
makna bakti karya Penggalang |
Bakti karya |
15.2 Bakti karya Penggalang
untuk desa |
15.2 Bakti
karya penggalang untuk masyarakat pegunungan |
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
RAKIT
GUGUS DEPAN MI/MTS/MA
Standar
Kompetensi |
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi |
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
*
Menyebutkan tokoh pramuka dunia |
Sejarah Kepramukaan dan
kode kehormatan Pramuka |
*
Menyebutkan organisasi pramuka dunia |
|||
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
Menjelaskan
Sejarah singkat pramuka di Indonesia |
||
*
Menyebutkan tokoh pramuka Indonesia |
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat |
*
Menjelaskan isiTri Satya dan Dasa Dharma Pramuka |
Dasa Dharma dan Trisatya |
|
|
*
Menerapkan isi Trisatya dan Dasa
Dharma Pramuka |
|
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta
mampu mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG |
2.1
Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri) |
*
Latihan PBB dasar |
PBB dan Latihan Upacara |
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan |
*
Latihan sikap sempurna sampai gerak jalan |
||
*
Menulis langkah-langkah upacara |
|||
* UpacaraPenggalang |
|||
3.
Memahami macam- macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore |
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI |
*
Mengungkapan Isi suatu SANDI |
SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore |
* Menyebutkan
fungsi SANDI dan semaphore |
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
*
Memperagakan bendera Semaphore |
||
4.
Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
*
Menggunakan pedoman kompas dalam berkemah |
Pedoman Kompas |
5.
Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
*
Membuat beragam simpul tali |
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga |
*
Menyambung tongkat |
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
*
Membuat tandu |
||
*
Membuat kaki 3 |
|||
*
Menyebutkan cara mendirikan tenda |
|||
*
Mendirikan tenda |
|||
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam ke pramukaan |
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
*
Menyebutkan kegunaan api unggun |
Api unggun |
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
*
Membuat miniatur api unggun di SD |
||
7.
Memahami resep dasar memasak |
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana |
*
Membuat resep rujak an dan sayuran |
Tata Boga |
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk) |
*
Memasak sayuran dan membuat lauk pauk |
||
8.
Memahami cara membuat hasta karya |
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
*
Membuat anyaman atap gubug |
Hasta karya Pramuka |
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
*
Membaut sendal kayu |
||
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan |
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka |
*
Menjelaskan arti lambang pramuka |
Lambang gerakan pramuka dan
struktur kepramukaan |
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka |
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu |
*
Membuat pengurus regu |
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1
Mengetahui arti musyawarah secara sederhana |
*
Menjelaskan arti musyawarah dan mufakat |
Musyawarah & mufakat
pramuka |
10.2
Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut |
*
Bermusyawarah membuat jadwal latihan |
||
11.
Memahami tanda- tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
*
Membuat tanda jejak dan peta penjelajahan |
Mencari jejak dan
penggunaan peta |
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
*
Menggunakan tanda jejak dan peta jelajah |
||
12.
Memahami definisi dan praktek P3K |
12.1
Mengetahui arti P3K |
*
Menjelaskan arti P3K |
P3K |
12.2
Mengetahui cara dalam praktek P3K |
*
Menyebutkan cara praktik P3K |
||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD |
*
Praktik PPGD/P3K |
||
13.
Memahami definisi jelajah alam dan outbond |
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond |
*
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound |
Jelajah alam dan outbound |
13.2
Mengetahui macam-macam jenis out bound |
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound |
||
13.3
Jelajah alam dan out bound sederhana |
*
Penjelajahan dan out bound |
||
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1
Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah |
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah |
Lagu - lagu wajib dan
daerah |
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar |
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya |
||
*
Menyanyikan 2 lagu daerah |
|||
15.
Mengetahui makna bakti karya penggalang |
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang |
*
Menjelaskan arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang |
Bakti Karya PENGGALANG |
15.2
Bakti karya Penggalang untuk desa |
*
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan |
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
TERAP
GUGUS DEPAN MI/MTS/MA
Standar
Kompetensi |
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
Materi |
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan |
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia |
*
Menganalis nilai-nilai perjuangan para tokoh pramuka dunia |
Sejarah Kepramukaan dan kode
kehormatan Pramuka |
*
Menganalisis peran organisasi pramuka dunia |
|||
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia |
Mendeskripsikan
sejatah pramuka Indonesia |
||
Mengidentifikasi
nilai-nilai kepramukaan pada tokoh
pramuka Indonesia |
|||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat |
Menganalisis isi
Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka |
Dasa Dharma dan Trisatya |
|
|
Memberikan contoh
penerapan isi Trisatya dan Dasa Dharma
Pramuka |
|
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendi- dikan kepramuka an serta
mampu mengimplementasikan dalam upacaraPENGGALANG |
2.1
Memperagakan gerak lanjut dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri) |
*
Latihan PBB lanjutan |
PBB dan Latihan Upacara |
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan |
*
Menulis langkah-langkah upacara |
||
*
Latihan petugas upacra |
|||
* Mempraktekan
UpacaraPenggalag |
|||
3.
Memahami macam- macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera Semaphore |
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI |
*
Membuatu contoh SANDI |
SANDI dan SEMAPHORE |
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore |
* Menganalisis
kegunaan SANDI dan semaphore |
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar |
*
Memperagakan bendera Semaphore |
||
4.
Memahami kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari |
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar |
Melatih
penghitungan dan pengukuran arah yang dituju. |
Pemnfaatan Kompas |
5.
Memahami penggu naan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah |
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat |
Mengetahui pembuatn
Tandu-Tali Temali. |
Tali temali, cara
mendirikan tenda, dan berkemah |
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga |
Membuat
tandu |
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda |
Mendirikan tenda |
||
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam ke pramukaan |
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah |
*
Menganalisis manfaat api unggun |
Api unggun |
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah |
*
Membuat miniatur api unggun |
||
7.
Memahami resep dasar memasak |
7.1
Membuat resep makanan ringan |
*
Membuat resep makanan ringan |
Tata Boga |
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat makanan ringan) |
*
Membuat atau memasak makanan ringan |
||
8.
Memahami cara membuat hasta karya |
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug) |
Mampu
mengembangkan kreativitas secara mandiri atau beregu. |
Hasta karya Pramuka |
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas |
Membauat
kerajinan tangan secara mandiri dan beregu |
||
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi kepramukaan |
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka |
*
Menjelaskan arti lambang pramuka |
Lambang gerakan pramuka dan
struktur kepramukaan |
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah |
*
Menjelaskan arti struktur organisasi pramuka |
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu |
*
Membuat pengurus regu |
||
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka |
10.1
Mengetahui arti musyawarah secara sederhana |
*
Mengindentifikasi nilai-nilai musyawarah dan mufakat |
Musyawarah & mufakat
pramuka |
10.2
Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut |
*
Mempraktekan kegiatan musyawarah |
||
11.
Memahami tanda- tanda jejak peta dalam kepramukaan |
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
Membaca peta medan di atas
kertas dan dapat mengukur ketinggian yang akan dituju. |
Panorama |
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan |
*
Mampu membuat dan memindahkan medan ke dalam secarik kertas menjadi sebuah
peta |
Peta-Pita |
12.
Memahami definisi dan praktek P3K |
12.1
Mengetahui arti P3K |
*
Mengetahui obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka ringan. |
P3K |
12.2
Mengetahui cara dalam praktek P3K |
*
Mengetahui cara penggunaan obat yang akan diberikan kepada rekan yang luka
ringan. |
||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD |
*
Praktik PPGD/P3K |
||
13.
Memahami definisi jelajah alam dan outbond |
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond |
*
Menjelaskan arti jelajah alam & out bound |
Jelajah alam dan outbound |
13.2
Mengetahui macam-macam jenis out bound |
*
Menyebutkan macam- macam jenis out bound |
||
13.3
Jelajah alam dan out bound sederhana |
*
Penjelajahan dan out bound |
||
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah. |
14.1
Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah |
*
Menyebutkan macam- macam lagu wajib dan daerah |
Lagu - lagu wajib dan
daerah |
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar |
*
Menyanyikan lagu Indonesia Raya |
||
*
Menyanyikan 3 lagu daerah |
|||
15.
Mengetahui makna bakti karya penggalang |
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang |
*
Menganalisis arti dan tujuan Bakti Karya Penggalang |
Bakti Karya PENGGALANG |
15.2
Bakti karya Penggalang untuk desa |
*
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pedesaan |
BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun
berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan
(Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut
berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan sebagai
berikut :
1.
Ketua : (Kepala
Sekolah)
2.
Anggota : (Wakil
Kepala Sekolah)
3.
Anggota : (
Pembina OSIS)
4.
Anggota : (Guru)
5.
Anggota :
(Pembina
Harian Putra)
6.
Anggota : (Pembina
Harian Putri)
B. Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya adalah dewan
kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan
gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan
aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi
panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil,
mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental
dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri
dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin
regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan
pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep
MI/MTS/MAsebagai berikut:
1.
Ketua : (kelas
)
2.
Wakil Ketua : (kelas
)
3.
Sekretaris I : (kelas
)
4.
Sekretaris II : (kelas
)
5.
Bendahara I : (kelas
)
6.
Bendahara II : (kelas
)
7.
Seksi-Seksi :
a.
Bidang Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan
(Giatoptekpram):
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
(kelas
)
4.
(kelas
)
b.
Bidang Adminsitrasi dan Organisasi
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
((kelas)
4.
((kelas)
c.
Bidang Hubungan Masyarakat
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
(kelas
)
4.
(kelas
)
C. Dewan Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas anggota
pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan bekerja
jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang
mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina
dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun
susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1.
Ketua :
2.
Anggota :
3.
Anggota :
4.
Anggota :
5.
Anggota :
6.
Anggota :
D. Struktur Organisasi Gudep
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
Peserta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dikelompok
dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2) Kelompok Penggalang
Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap, Dengan ketentuan sbb:
1)
Peserta didik yang belum pernah mengikuti pelantikan
penggalang Ramu saat di Sekola Dasar, masuk dalam kelompok Penggalang Ramu.
2)
Peserta didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang
Ramu, penggalang Rakit, maupun Penggalang terap (dibuktikan dengan SKU) pada
saat di Sekolah Dasar dimasukkan dalam kelompok Penggalang Rakit.
3)
Kelompok Penggalang Terap, hanya diperuntukan bagi peserta didik yang telah mengikuti
pelatikan penggalang Rakit pada saat ia telah menjadi siswa SMP.
Untuk keperluan tersebut dibutuhkan minimal 3 orang
Pembina. Namun apabila diberlakukan kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan
minimal 6 orang Pembina.
F.
Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
1.
Pelaksanaan kegiatan latihan rutin dilakukan di sekolah
satu minggu satu kali.
2.
Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada kegiatan
praktek dan tetap memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa kegiatan nyata
yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan
kecakapan yang sesuai dengan usia.
3.
Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis yaitu :
sederhana, mudah, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya tetapi
berhasil guna dan tepat guna.
4.
Setiap Pembina pramuka wajib membuat Program Tahunan,
Program Semester dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)
G. Penilaian
Kegiatan Pramuka
Penilaian Pendidikan Kepramukaan
mencakup hal-hal sebagai berikut:
1)
Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
2)
Peserta
didik diwajibkan untuk
mendapatka nnilai minimal baik pada
kegiatan ekstrakurikuler wajib
pada setiap semester.
3)
Nilai yang
diperoleh pada kegiatan
Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan
berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
4)
Apabila Nilai
di bawah baik dalam dua
semester atau satu
tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru akan dinaikan, peserta
didik yang bersangkutan harus mengikuti
program khusus yang
diselenggarakan bagi mereka (Modifikasi Prilaku)
5)
Kriteria keberhasilan
kompetensi lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
6)
Proses penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan
setiap hari di dalam proses pelatihan pramuka.
7)
Proses
penilaian dilaksanakan dengan
metode Observasi dan Partisipasi.
8)
Proses
penilaian Keterampilan Kepramukaan
disesuaikan dengan
Kompetensi Dasar dari
masing-masing Tema dan Matapelajaran. sebagai
penguatan yang bermuatan
Nilai Sikap dan Keterampilan
dalam Kurikulum 2013.
9)
Proses
Penilaian dilakukan oleh
Teman, Guru Kelas/Guru Matapelajaran, Pemangku
Kegiatan dan/atau Pembina Pramuka.
10) Pelaporan
nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.
BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja Gugus Depan
Pangkalan MI/MTS/MAtersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi
gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini
diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang
berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada MI/MTS/MA.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan
dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat
bermanfaat bagi semua.
bagus
BalasHapus